Tips Memanfaatkan Fitur Slow Sync Flash Pada Kamera Digital

Kini sudah banyak kamera digital yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan menarik sehingga tentu saja akan semakin membantu penggunanya untuk menghasilkan foto yang keren. Salah satu fitur yang saat ini sudah cukup sering ditemukan di sebuah kamera digital adalah fitur slow sync flash. Pada dasarnya, fitur ini digunakan pada saat Anda ingin memotret dengan slow shutter speed bersamaan dengan flash, atau dengan kata lain, fitur ini akan sangat membantu Anda ketika ingin memotret objek bergerak di tempat yang kurang mendapatkan cahaya.

Pada saat Anda mengaktifkan fitur slow sync flash ini maka bukaan pada kamera akan lebih lama terbuka sehingga secara otomatis akan semakin banyak pula cahaya di sekitar objek yang akan dipotret (ambient light) akan masuk ke dalam sensor kamera. Efek pada hasil foto yang diambil menggunakan fitur ini, maka foto tersebut akan terlihat lebih alami dengan tampilan latar belakang jadi lebih terang, meskipun Anda mengambil foto tersebut di sebuah tempat yang kurang cahaya. Oleh sebab itu, fitur ini paling tepat untuk diterapkan ketika Anda akan mengambil foto pemandangan malam dan objek yang berada di dalam ruangan minim cahaya. Namun, agar fitur slow sync flash ini lebih bisa bekerja lebih maksimal maka Anda harus menggunakan tripod ketika akan memotret atau jika tidak ingin repot Anda harus menggunakan kamera yang telah dilengkapi dengan lensa yang memiliki image stabilization, sehingga hasil foto akan semakin tajam dan bebas blur.

Cara mengatur slow sync flash juga terbilang cukup mudah, jika kamera yang Anda miliki itu adalah kamera DSLR maka Anda harus mencari pengaturan fitur slow sync flash dalam menu yang ada di kamera Anda. Bagian pengaturan untuk fitur ini berbeda pada masing-masing kamera, namun biasanya fitur ini berada dalam menu custom functions. Maka dari itu, jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, sebelumnya, Anda perlu membaca buku panduan kamera yang Anda miliki itu.

Beberapa jenis kamera malah memiliki pengaturan fitur slow sync flash ini secara manual dengan mulai dari pengaturan exposure hingga untuk mengatur power flash, namun jika kamera Anda termasuk jenis kamera compact, maka pilihan kendali untuk mengatur fitur akan lebih sedikit serta biasanya juga mode pilihan untuk memotret hanya terdiri dari night mode dan party mode sehingga sehingga secara otomatis kamera akan langsung memilih fitur slow sync flash ini. Sementara itu, teknik memegang kamera juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, pada saat Anda akan menggunakan fitur ini, maka dari itu hindari getaran tangan ketika memotret dengan cara mengaktifkan fitur stabilizer pada kamera Anda atau dengan bantuan tripod.