Tips Mudah Memotret Landscape Agar Terlihat Lebih Menarik

Memotret landscape atau pemandangan bisa dibilang susah susah gampang. Setidaknya Anda perlu memastikan bahwa Anda telah menerapkan beberapa tips yang ada di bawah ini, sehingga Anda akan lebih mudah menghasilkan foto landscape yang menarik dan membuat banyak orang terkesan melihatnya.

  • Hindari Mengabaikan Waktu

Waktu sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda sedang berencana untuk memotret landscape. Oleh sebab itu, ada istilah yang sering muncul terkait dengan pemotretan landscape, yaitu golden time, sebab Anda perlu memastikan bahwa waktu yang Anda pilih untuk memotret landscape itu adalah waktu yang tepat. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk digunakan ketika akan memotret landscape? Menurut para fotografer ternama, waktu yang tepat adalah satu jam menjelang dan dua jam setelah matahari terbit selain itu dua jam menjelang dan satu jam setelah matahari terbenam.

Perlu diketahui, saat satu jam jelang dan setelah matahari terbit merupakan waktu terbaik untuk digunakan memotret landscape tepatnya untuk mendapatkan suasana terbaik di sekitar landscape tersebut apalagi Anda juga berpeluang mendapatkan blue hour yang bagus. Sementara itu dua jam setelah matahari terbit dan dua jam jelang matahari terbenam merupakan waktu yang paling tepat jika Anda ingin menghasilkan foto landscape indah dengan sinar matahari lembut keemasan yang tentunya akan semakin membuat hasil foto Anda akan terlihat lebih menarik.

  • Cari Sudut Pengambilan Foto Yang Unik

Hasil foto landscape yang bagus tentu saja tidak bisa diambil dengan cara yang biasa, oleh sebab itu diperlukan sudut pengambilan gambar (angle) yang unik, sebab meskipun landscape yang akan dijadikan sebagai objek foto itu biasa saja akan menjadi luar biasa jika foto diambil dari sudut pengambilan yang unik. Usahakan untuk tidak mengambil angle foto yang sudah banyak digunakan orang lain, bila perlu untuk bisa menghasilkan foto yang tampak berbeda dan lebih indah Anda dapat menerapkan posisi low angle atau high angle. Akan lebih bagus lagi, jika Anda berjalan beberapa meter dari posisi yang sering digunakan banyak orang, cara seperti itu bahkan akan dapat membuat Anda menghasilkan foto yang ekslusif. Jadi, intinya walaupun sebuah foto diambil di lokasi yang sama, namun sudut pengambilan fotonya unik akan bisa menghasilkan foto yang lebih terlihat mengesankan.

  • Lakukan survey sebelum memotret

Pada saat berburu tempat memotret landscape akan lebih baik jika Anda menyempatkan waktu untuk melakukan survey sehari sebelumnya. Cara seperti itu, perlu dilakukan jika Anda ingin mendapat lokasi pemotretan landscape terbaik di tempat tersebut. Selain itu, bila perlu Anda juga bisa mencari informasi dengan cara bertanya ke teman atau bisa juga lewat internet.